Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan File Sampah Agar Komputer atau Laptop Tidak Lemot Saat Digunakan

Menghapus File Sampah di Komputer atau Laptop supaya tidak menumpuk
Menghapus File Sampah di Komputer atau Laptop supaya tidak menumpuk
Menggunakan Laptop atau PC yang lemot waktu bekerja memang sangat menyebalkan, Alhasil pekerjaan kita pun tidak kunjung selesai karena performa komputer yang lambat. Salah faktor yang sering menjadi pemicu Laptop jadi lemot adalah karena menumpuknya file sampah pada disk penyimpanan kita.

File sampah yang menumpuk biasanya berupa sisa file yang tertinggal dari aplikasi yang sudah dicopot/diunininstall, temporary files (file sementara), file chace pada aplikasi yang pernah berjalan, atau file yang sudah dihapus tapi masih tersimpan di Recycle Bin. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips kepada kalian yang mengalami masalah laptop lemot atau mudah hang dengan cara menghapus file-file yang tidak berguna.

3 Cara untuk menghapus File Sampah pada Laptop/Komputer

Trik ini dapat kalian terapkan pada sistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, maupun Windows 10 dengan mudah. Saya akan menyertakan gambar screenshot penjelas, agar mudah untuk kalian pahami. Lebih jelasnya langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah.

1. Menggunakan Run Command Windows

  • Pertama, Jalankan Run Command (bawaan Windows) dengan menekan kombinasi tombol WINDOWS+R
  • Selanjutnya akan muncul jendela baru aplikasi Run, ketik %temp% lalu tekan OK
Jendela Run
Jendela Run
  • Kemudian kita akan dibawa ke folder tempat dimana file temporary tersimpan. Hapus saja semua file dan folder tesebut secara permanen, caranya dengan menekan tombol CTRL+A lalu SHIFT+DEL.
Lokasi File dan Folder temporary
Lokasi File dan Folder temporary
Total size temporary file yang membengkak di harddisk
Total size temporary file yang membengkak di harddisk
Bisa kalian lihat total ukuran file temporary yang tentu saja memakan tempat penyimpanan kita dan bisa membebani kinerja laptop. Mungkin akan ada beberapa file dan folder yang tidak bisa dihapus, karena masih ada proses dari beberapa aplikasi yang sedang berjalan di background, kalian tekan saja tombol Skip untuk melewatinya.

2. Menggunakan Bantuan Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah fitur yang sudah tersedia secara default (bawaan) pada Windows, yang berfungsi untuk membersihkan file sampah seperti temporary, cache, file dalam Recycle Bin dll. Berikut cara menggunakan Disk Cleanup pada Laptop.
  • Cari aplikasi Disk Cleanup dengan mengetik namanya di kolom pencarian Windows, kemudian jalankan.
  • Akan muncul jendela untuk memilih Drive, pilih Drive C karena Drive C merupakan disk tempat penyimpanan sistem, lalu klik OK.
Disk Cleanup: Drive Selection
Disk Cleanup: Drive Selection
  • Setelah proses Scanning selesai, akan muncul jendela baru seperti dibawah ini.
  • Akan muncul pilihan seperti Downloaded Program Files, Temporary Internet Files, Recycle Bin, Thumbnails, dll. Centang saja untuk memilih mana yang akan dihapus, lalu tekan tombol OK.
  • Tekan tombol Delete Files jika kalian yakin ingin menghapusnya secara permanen. Selesai, komputer kalian terbebas sudah dari file sampah.
Are you sure you want to permanently delete these files?
Are you sure you want to permanently delete these files?

3. Menggunakan Aplikasi CCleaner

Cara terakhir yang paling praktis dan mudah adalah menggunakan aplikasi CCleaner. Aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti menemukan file duplikat, membersihkan memory dump dan registry, menghapus caches cookies browser, dll. Maka dari itu kalian download dulu aplikasi CCleaner di webiste resminya disini. Jika kalian sudah menginstalnya, pada Easy Clean tekan tombol Analyze, tunggu proses analisa sebentar lalu pilih Clean All untuk mulai membersihkan.
Clean All pada CCleaner
Clean All pada CCleaner
Kalian juga bisa melakukan pembersihan lewat menu Custom Clean, pada menu ini kalian bisa memilih mana saja yang ingin dihapus dan tidak. Jika kalian ingin memakai metode ini silahkan centang seperti settingan dibawah ini. Kemudian tekan Analyze lalu Run Cleaner.
Settingan Custom CLean CCleaner
Settingan Custom CLean CCleaner
Membersihkan file sampah pada laptop memang harus dilakukan secara rutin (minimal seminggu atau sebulan sekali) agar tidak menumpuk sehingga, kinerja laptop maupun komputer yang kita gunakan tidak terganggu dengan adanya beban dari file yang tidak penting.

Demikianlah artikel tentang Cara Membersihkan File Sampah Agar Komputer atau Laptop Tidak Lemot Saat Digunakan. Semoga bermanfaat dan Terima kasih sudah berkunjung di blog ini.
Animblo
Animblo Seorang Blogger Pemula yang ingin berbagi tulisan lewat Blog kecil ini. Kalian bisa menghubungi saya melalui Email: admin@animblo.com

2 komentar untuk "Cara Membersihkan File Sampah Agar Komputer atau Laptop Tidak Lemot Saat Digunakan"

  1. Wh bermanfaat bnget gan soalnya pc aku sering lemot juga karna penuh penyimpanannya


    Btw agan punya tutorial cara memunculkan related post yang ilang gak ???


    BalasHapus