Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menyambung kabel LAN putus tanpa menggunakan Barel dengan mudah

Tutorial gampang menyambung kabel UTP putus
Tutorial gampang menyambung kabel UTP putus
Selain dengan Wireless, Kabel LAN adalah salah satu media transmisi untuk megirim data dari perangkat satu dengan lain. Salah satu kabel yang sering digunakan untuk mengirim data adalah kabel UTP (Unshielded Twisted Pair). Banyak produk kabel UTP yang terkenal seperti SPC, Belden, AMP, Panduit, Zimm, Gigabyte, Vascolink, Datwyler, Systimax, dll.

Pernahkah kalian menemukan kabel UTP / LAN yang putus? entah karena dimakan tikus, terkena benda tajam, atau yang lainnya?. Jika kabel tersebut pendek mungkin masih bisa untuk diganti, tetapi bagaimana jika panjangnya berpuluh-puluh meter? lokasi pemasangan kabelnya sulit? pastinya akan memerlukan kerja ekstra untuk menggantinya.

Sebenarnya mengatasi kabel LAN yang putus itu gampang, yaitu dengan cara menyambungnya. Kita cuma perlu mengkrimping kedua ujung yang putus dengan konektor RJ45 lalu menghubungkannya melalui Barrel LAN. Harga Barel LAN pun cukup murah (Cuma sekitar Rp. 1000 - Rp. 4000 an/buah).
Ilustrasi LAN Barel
Ilustrasi LAN Barel
Bagaimana jika kita tidak punya Barrel atau tidak sempat untuk membelinya? padahal kabel LAN harus segera tersambung karena akan digunakan?. Tenang saja, oleh karena itu kali ini saya akan membagikan cara yang sangat mudah dan simpel. Karena pada dasarnya cara menyambung kabel LAN yang putus sama persis dengan cara menyambung kabel listrik. yang terpenting tembaga harus terhubung dengan sempurna. Simak saja tutorial lengkapnya dibawah.

Cara menyambung kabel LAN putus tanpa menggunakan Barel

1. Kupas kulit kabel bagian luar, dan pisahkan kabel agar mudah untuk dibedakan (berdasarkan warna). Disini saya menggunakan contoh kabel CAT 6.
Kupas Kulit Kabel UTP
Kupas Kulit Kabel UTP
2. Kupas kulit kabel dalam (cukup dengan menarik ujung kabel pelan-pelan menggunakan Tang) sampai tembaga terlihat cukup untuk nantinya disambung.
Kupas kulit dalam kabel
Kupas kulit dalam kabel
3. Lilitkan ujung satu dengan ujung tembaga yang lain (INGAT!! harus sesuai warnanya) dengan menggunakan tang seperti gambar dibawah ini.
Lilitkan ujung kabel
Lilitkan ujung kabel
4. Bungkus ujung kabel yang telah tersambung dengan menggunakan Isolasi/Lakban listrik agar tembaga tidak besentuhan secara langsung satu sama lain.
Isolasi ujung kabel
Isolasi ujung kabel
5. Rapikan kabel dan bungkus bagian luar kabel dengan isolasi agar lebih aman.
Bungkus kabel luar agar kuat dan aman
Bungkus kabel luar agar kuat dan aman
Kabel telah tersambung kembali
Kabel telah tersambung kembali
6. Langkah terakhir adalah tes kabel, disini saja mengetesnya menggunakan Lan Tester dan hasilnya lampu menyala semua dari 1 - 8 (artinya kabel sudah terhubung dengan sempurna dan siap digunakan).
Menguji dengan Lan Tester
Menguji dengan Lan Tester
Jika kalian tidak mempunyai LAN Tester kalian juga bisa mengujinya secara langsung dengan Command Prompt (CMD), saya contohkan dengan test ping ke google.co.id, dan hasilnya tidak ada RTO (Request time out). Kalau kalian masih menemukan RTO artinya kabel belum tersambung dengan baik dan perlu di sambung ulang sampai sempurna.
Test kabel dengan Ping google di CMD
Test kabel dengan Ping google di CMD
Nah, itulah tutorial yang dapat saya bagikan kepada kalian tentang Cara menyambung kabel LAN putus tanpa menggunakan Barel. Tutorial ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika dulu dimintai tolong seseorang untuk mengecek kabel lan yang katanya mati, ternyata setelah saya cek kabelnya putus karena dimakan oleh binatang.

Sebenarnya saya ingin mengganti kabel tersebut dengan yang baru, tapi karena lokasi pemasangan kabel yang sulit saya urungkan niat saya, karena tidak mau ribet langsung saja saya sambung menggunakan solasi. Kemungkinan masih berfungsi dengan baik sampai sekarang karena orangya juga belum minta tolong lagi.

Mungkin cukup sekian tutorial yang dapat saya bagikan kepada kalian, jika kalian ingin menambahi atau bertanya seputar permasalahan yang sama silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terima kasih sudah membaca.
Animblo
Animblo Seorang Blogger Pemula yang ingin berbagi tulisan lewat Blog kecil ini. Kalian bisa menghubungi saya melalui Email: admin@animblo.com

Posting Komentar untuk "Cara menyambung kabel LAN putus tanpa menggunakan Barel dengan mudah"