Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah mengembalikan akun Apex Legends yang dibanned oleh EA Games

Mengatasi The client's game account has been banned: Banned di game Apex Legends
Mengatasi The client's game account has been banned: Banned di game Apex Legends
Hal yang wajar jika pihak pengelola game menerapkan sistem BAN (Banned) bagi pelanggar aturan/rule yang dibuat untuk menjaga suasana komunitas game agar tetap kondusif. Hukuman banned/blacklist pun beragam jenisnya ada yang besifat sementara dan ada yang permanen.

Pada game Apex Legends sendiri, pihak EA (Electronic Arts) juga menerapkan sistem Ban terhadap para pemain yang melanggar aturan seperti, bermain secara tidak sportif dengan memakai cheat. Ternyata pihak EA selaku publisher tidak main-main terhadap pengguna program illegal, mereka yang memakai cheat akan dibanned secara permanen baik ban akun maupun hardware. Kalian bisa baca sendiri Email yang saya dapatkan dari EA tentang banned terhadap cheater dibawah.
Cheater diban permanen
Cheater diban permanen
Tentu saja, yang akan saya bagikan kali ini bukanlah cara untuk mengembalikan akun yang ngecit (karena akun cheater tidak akan pernah kembali, mamam tuh!!). Saya sendiri pernah sekali dibanned, alhasil ga bisa main Apex Legends selama beberapa minggu (bikin akun baru tapi ga seru), padahal saya tidak pernah ngecit, main game juga di rumah terus tidak pernah di warnet mana mungkin login di PC yang kena hardware ban? hmmmm. Akhirnya saya pun menghubungi CS (customers service) lewat email dah selang beberapa minggu kemudian dapatlah balasan ini.
Email balasan dari EA
Email balasan dari EA
Bagi kalian yang ga paham arti email diatas akan saya jelaskan, kurang lebih isinya tentang pihak EA yang mendeteksi aktivitas mencurigakan (tidak biasa) pada akun kita, jadi mereka mengunci akun kita dengan dibanned agar akun kita tetap aman (bikin panik aja ya, kok notifikasi yang dipakai banned bukan penguncian akun). Dugaan saya sih, ini terjadi pada akun yang sering login gonta-ganti komputer, nah... player warnet hati-hati ya, mending kalian ga usah ganti-ganti PC kalau main daripada repot.

Kenapa dugaan saya seperti itu? padahal kan lu ga maen di warnet kok juga kena ban?. Untuk saya sendiri sebenarnya juga login ke akun Origin di 2 PC yang berbeda, yang satu di PC rumah dan yang satu di kantor, mungkin ini sebabnya pihak EA juga mendeteksi aktivitas ga wajar di akun saya. Tapi ini semua cuma dugaan saya, yang jelas saya tidak ngecheat dan terkena ban, jika ditanya kenapa bisa? saya akan menjawab dengan dugaan diatas tadi.

Cara mengatasi The client's game account has been banned: Banned pada game Apex Legends

Tenang saja, bagi kalian yang mengalami kejadian seperti saya, yang akun Apex Legends nya terbanned padahal tidak menggunakan cheat akan saya bagikan cara mengembalikan akun kalian. Kan sayang tuh, level udah tinggi, skin legend udah banyak, battlepass season udah penuh, tapi ga bisa dimainin. Dengan memakai tutorial ini saya jamin 100% akun kalian akan kembali, asal kalian bener-bener belum pernah ngecheat atau login di pc/laptop/komputer yang sudah terkena banned hardware.

1. Menghubungi Customers Service EA lewat Website mereka

Tujuan dari menghubungi/contact CS adalah untuk membuat laporan cases yang nantinya akan dapat diproses oleh tim yang bertugas. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi Contact US milik EA di https://help.ea.com/en/contact-us/, jangan lupa login menggunakan akun kalian yang bermasalah. Nah, pada kolom Select the game or service kalian ketik saja Apex Legends, Setelah gambar game Apex muncul, kalian klik gambar tersebut.
Kolom pencarian game Apex Legends
Kolom pencarian game Apex Legends
Selanjutnya kalian diharuskan memilih platform yang kalian gunakan, tersedia Steam, PS4, xbox, dan Origin. Pilih yang Origin.
Kemudian pada bagian Select topic kalian pilih Manage my account dan untuk Select issue pilih yang Banned or suspended account. Lalu tekan tombol Select contact option untuk melanjutkan.
Memilih topik dan permasalahan yang terjadi
Memilih topik dan permasalahan yang terjadi
Lalu di bagian OTHER SUPPORT OPTIONS kalian klik icon + pada kolom Email. Inilah bagian terpenting, mulailah mengisi data-data yang dibutuhkan untuk pengembalian akun.
Mengirim laporan permasalahan lewat Email
Mengirim laporan permasalahan lewat Email
Perlu diingat pada pengisian data-data ini gunakan kalimat dalam bahasa inggris, kalian dapat menggunakan bantuan Google Translate.
  • First name dan Last name: isi dengan Nama depan dan Nama belakang kalian
  • Your email address: Email yang akan dipakai untuk mengirim cases
  • Subject: Subjek/tema/judul permasalahan yang kalian alami, misalkan: "Please Help me, My Account got banned for nothing" atau yang lainnya pokoknya menjelaskan bahwa kita minta bantuan kepada mereka perihal banned.
  • Please describe your issue: Penjelasan permasalahan yang kalian alami, misal: "Hey, can you help me? why my account got banned? i never use cheat in Apex Legends before. Please explain it and give me reason why my account got banned, i love Apex Legends. Thanks". Kira-kira kalimat ini yang saya pakai dulu untuk menjelaskan permasalahan yang saya alami.
  • Attach files: Masukkan file atau gambar foto yang mendukung untuk pengembalian akun. Contoh, screenshot akun yang kena banned.
  • Enter your username: masukkan nama pengguna/username Apex Legends kalian.
  • Terakhir tekan tombol Email us untuk mengirim email.
Email sudah Terkirim
Email sudah Terkirim

2. Menunggu Email balasan dari pihak Customers Service EA

Karena laporan case sudah masuk ke bagian CS, maka tidak ada hal yang dapat dilakukan selain menunggu email balasan dari mereka. Dulu saya mendapat balasan setelah menunggu hampir 2 minggu lamanya. Bersabarlah, laporan sedang dalam antrian, pihak cs banyak menerima keluhan tidak hanya dari game Apex Legends saja jadi wajar jika butuh waktu yang agak lama. Pada proses ini saya sarankan jika ingin tetap bermain Apex, buatlah akun baru dan mainkan akun itu, sembari menunggu email balasan datang.

Case sudah masuk dan sedang diproses
Case sudah masuk dan sedang diproses
3. Membuka Email balasan yang masuk 

Jika case/Laporan kasus kalian sudah selesai diproses, dan bagian yang terkait sudah selesai menyelidiki kasus permasalahan yang sedang dialami, kalian akan mendapat email balasan dari mereka. Disinilah saya mendapat email yang sudah saya bagikan screenshotnya diatas. Nah, tinggal apa isi dari email tersebut, untuk kalian yang terbukti ngecheat atau yang berhubungan dengan cheat maka yasudah, wasalam... sampai disini saja, karena akun kalian tidak akan pernah kembali. Tapi bagi kalian yang mengalami masalah seperti saya (akunnya terkunci atau yang mirip-mirip) bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Melakukan Live Chat dengan CS yang sedang bertugas

Dengan email balasan yang kalian dapatkan tadi disitu akan terdapat link (pada bagian Go to linkblablabla... and schedule phone call or chat with one of our advisors) untuk melakukan Live Chat (Chat langsung) dengan CS yang akan membantu mengembalikan akun kalian.

Buat jadwal Live Chat di jam kerja mereka (Saya dulu melakukan sehabis maghrib, pokoknya kalau waktu disana pagi maka di Indonesia malam). Sayangnya saya lupa untuk ss live chat pada waktu itu, pokonya pertama kalian akan disuruh membuktikan jika berdasarkan laporan, itu adalah benar akun kalian sehingga akun kalian tetap aman.

Akan ada banyak kode konfirmasi dan link yang akan dikirim lewat email saat proses pengembalian(recovery) akun, karena cara mereka memandu kita memang seperti itu jadi cek terus email kalian ya. Agak susah jelasinnya, jadi pada langkah ini coba sendiri ya, mudah kok, jangan lupa pakai bahasa inggris walaupun cuma setengah2 mereka pasti paham soalnya pertanyaan dan arahan yang mereka ajukan singkat-singkat. Jadi ikuti saja proses Live Chat sampai akhir. Berikut bukti panduan yang mereka kirim lewat email (saya ganti ini karena ga ada ss yang bisa saya kasih pas lagi Live Chat). 
Kode keamanan yang dikirimkan lewat Email
Kode keamanan yang dikirimkan lewat Email
Itulah langkah-langah untuk mengembalikan akun Apex Legends kalian yang diban berdasarkan pengalaman saya sendiri, percayalah jika memang kalian tidak memakai cheat atau sejenisnya akun kalian pasti akan balik kok. Dari saya cukup good luck, semoga beruntung. Jangan lupa tinggalkan komentar kalau ada hal yang kurang jelas atau pertanyaan yang ingin kalian ajukan. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan mohon dishare ke teman-teman kalian jika artikel ini membantu.
Animblo
Animblo Seorang Blogger Pemula yang ingin berbagi tulisan lewat Blog kecil ini. Kalian bisa menghubungi saya melalui Email: admin@animblo.com

3 komentar untuk "Cara mudah mengembalikan akun Apex Legends yang dibanned oleh EA Games"

close