Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Hard disk Rusak karena Bad Sector dengan Mudah

Mengatasi harddisk yang Rusak atau terkena Bad Sector
Mengatasi hardisk yang Rusak atau terkena Bad Sector
Hard disk merupakan salah satu komponen dari laptop atau komputer yang cukup rawan terkena kerusakan. Kerusakan pada hardisk yang cukup berbahaya adalah bad sector yang dapat menyebabkan hilangnya data yang tersimpan.

Bad sector merupakan istilah yang dipakai ketika terdapat suatu sektor pada hard disk yang mengalami kerusakan. Sektor yang rusak tersebut tidak akan merespon perintah read (membaca) maupun write (menulis) dari komputer. Ada beberapa penyebab terjadinya bad sector seperti karena kerusakan fisik ataupun kerusakan software. Untuk jenis bad sector karena kerusakan fisik tidak akan bisa diperbaiki, tetapi jika disebabkan oleh kerusakan software masih bisa diperbaiki.

Jenis-jenis Bad Sector

Secara umum ada dua jenis bad sector yang biasanya terjadi pada hard disk, yaitu physical yang sering disebut juga hard bad sector dan logical yang sering disebut sebagai soft bad sector.
  • Hard bad sector merupakan kumpulan sektor hard disk yang mengalami kerusakan secara fisik. Kerusakan itu bisa disebabkan karena head dari hard disk menyentuh sektor tersebut lalu merusaknya. Bisa juga karena ada debu yang masuk, hard disk pernah terjatuh, dan masalah fisik lainnya. Bad sector jenis ini tidak bisa diperbaiki lagi.
  • Soft bad sector merupakan kumpulan sektor hard disk yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Penyebab bad sector ini biasanya dikarenakan adanya software yang mengalami error atau permasalahan yang berhubungan dengan sistem operasi. Soft bad sector biasanya masih dapat diperbaiki dengan melakukan low-level format atau dengan menggunakan aplikasi Disk Check.

Penyebab terjadinya Bad Sector

Seperti yang sudah saya singgung di atas, banyak hal yang dapat menyebabkan bad sector. Bisa saja bad sector tersebut sudah ada sejak kalian membeli hard disk itu. Karena, setiap proses pembuatan hard disk tidak sepenuhnya sempurna pasti ada juga beberapa produk yang sudah mengalami kerusakan semenjak proses pembuatannya.

Ini yang sering terjadi. Misalkan, saat komputer kalian tiba-tiba mati karena terputus arus listrik. Hard disk yang sedang kalian operasikan di dalam komputer bisa saja mengalami kerusakan, karena sedang ada proses read dan write didalamnya lalu tiba-tiba terhenti. atau pada kasus lain bad sector fisik yang disebabkan karena hard disk pernah terjatuh sehingga head dari hard disk menyentuh platter dan merusak beberapa sektornya. Debu atau kotoran yang masuk bisa juga merusak hard disk. Selain itu, faktor usia juga bisa berpengaruh, hard disk yang sudah berusia tahunan dapat mudah mengalami kerusakan karena komponennya sudah tidak seperti dulu lagi.

Untuk soft bad sector biasanya berkaitan dengan permasalahan perangkat lunak. Sektor pada hard disk yang berisi data yang tidak sesuai dengan error-correction code-nya juga bisa dianggap sebagai bad sector oleh OS (Operating System). Berbagai macam virus dan malware juga tentunya dapat menyebabkan soft bad sector pada perangkat hard drive kalian.

Efek dari Bad Sector

Hal yang sering terjadi jika hard disk kalian terkena komputer adalah kehilangan beberapa data yang tersimpan diharddisk (corrupt) dan tidak dapat digunakan lagi, walaupun hard disk tersebut masih bisa berjalan dengan normal. Tentu sangat menakutkan jika data kalian yang hilang sangatlah penting. Oleh karenanya, selalu lakukan backup data kalian karena bad sector bisa kapan saja terjadi, apalagi jika sudah muncul tanda-tanda kinerja hard disk jadi lemot. Banyak kok metode backup yang mudah, misal dengan mengupload data penting ke penyimpanan cloud agar data tersebut bisa diakses dimana saja dan kapan saja selama ada internet.

Tutorial Lengkap Memperbaiki Hard disk yang terkena Bad Sector

Sebelum menuju langkah untuk memperbaiki bad sector pada hard disk, hal yang harus kalian lakukan dahulu adalah pengecekan. Windows memiliki aplikasi program untuk melakukan pengecekan hard disk, yaitu dengan menggunakan Disk Check tool atau chkdsk. Disk Check akan memindai hard disk untuk menemukan bagian mana yang mengalami bad sector. Jika terdapat soft bad sector, Disk Check akan memperbaikinya agar bisa kembali digunakan. Sedangkan apabila ada masalah bad sector yang lebih kompleks, Windows akan kembali menjalankan Disk Check secara otomatis saat komputer dinyalakan.

Cara Menjalankan Check Disk pada Windows

Check Disk pada Windows 10
Check Disk pada Windows 10
  1. Buka Windows Explorer (Windows+E), lalu klik kanan pada Drive yang ingin kalian cek, kemudian pilih Properties.
  2. Setelah menu properties muncul, pilih tab Tools kemudian klik tombol Check now pada menu Error-checking.
  3. Akan muncul jendela dengan dua opsi. Ceklis kedua opsi tersebut jika kalian ingin mengecek dan memperbaiki bad sector pada hard disk. Ingat, jika drive yang ingin Anda cek sedang digunakan, maka pengecekan tidak bisa dilakukan dan Windows akan menjadwalkannya jika kalian melakukan restart pada komputer.
  4. Untuk memulai proses pengecekan dan perbaikan klik pada tombol Start. Proses pengecekan dapat berlangsung cukup lama tergantung pada kapasitas hard disk dan juga jumlah data yang ada di dalamnya, jadi lakukan lah pengecekan jika komputer kalian sedang tidak digunakan.

Memperbaiki Bad Sector dengan menggunakan EaseUS Partition Master

Download EaseUS Partition Master Gratis
Download EaseUS Partition Master Gratis
Selain dengan cara diatas, ada cara yang lebih praktis dan mudah untuk mengatasi masalah bad sector pada harddisk, yaitu dengan menggunakan aplikasi EaseUS Partition Master. EaseUS Partition Master adalah software yang dapat digunakan untuk memeriksa bad sector secara langsung pada hard disk. Aplikasi ini bisa digunakan baik di Windows 7, 8, ataupun Windows 10.

Cara menggunakan EaseUS Partition Master untuk mengatasi Bad Sector sangat gampang. Pertama klik kanan pada hard disk yang ingin diperiksa, lalu pilih menu More pada samping kanan layar dan selanjutnya pilih Surface Test.
Setelah itu, software akan bekerja dan kemudian menampilkan hasil bad sector yang ditandai dengan indikator warna merah. Kalian akan diberitahu berapa banyak sektor buruk yang ada dalam hard disk setelah proses tersebut selesai.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki hardisk bad sector yang dapat kalian terapkan pada hard disk eksternal maupun internal. Ingat, jika bad sector yang terjadi semakin banyak, gantilah hard disk tersebut dengan yang baru sebelum kalian kehilangan data karena kerusakan total.

Demikian artikel kali ini tentang Cara Memperbaiki Hard disk Rusak karena Bad Sector dengan Mudah. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian, sekian dan terima kasih.
Animblo
Animblo Seorang Blogger Pemula yang ingin berbagi tulisan lewat Blog kecil ini. Kalian bisa menghubungi saya melalui Email: admin@animblo.com

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Hard disk Rusak karena Bad Sector dengan Mudah"

close