Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Tombol Spasi Backspace dan Enter yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Tombol Spasi Backspace dan Enter yang Tidak Berfungsi pada Keyboard
Cara Mengatasi Tombol Spasi Backspace dan Enter yang Tidak Berfungsi pada Keyboard
Ada 3 Tombol Keyboard Laptop maupun Komputer yang paling sering digunakan dibandingkan dengan tombol lain yaitu Space Bar (Spasi), Backspace, dan Enter. Alasannya sederhana, karena ketiga tombol tersebut memiliki fungsi penting terutama untuk pengetikan.

Bagaimana jika salah satu atau malah ketiga tombol tersebut tiba-tiba saja tidak berfungsi dan tidak bisa digunakan? Tentunya kalian akan kesulitan bukan?. Tidak perlu khawatir atau malah pergi ke tukang service, masalah ini bisa kalian atasi sendiri kok.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara untuk memperbaiki tombol spasi, backspace, dan enter yang tidak berfungsi pada keyboad laptop maupun PC agar dapat digunakan kembali. Baca JugaMemperbaiki Tombol Spasi Backspace dan Enter yang Tidak Berfungsi

Penyebab Tombol Keyboard Jadi Tidak Berfungsi

Sebelum kita lanjut ke tutorial, saya akan menjelaskan beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan tombol spasi, backspace, dan enter ini menjadi tidak dapat berfungsi.
Jadi Masalah pada tombol keyboard dapat disebabkan karena dua alasan, yaitu karena error pada software atau adanya masalah pada hardware nya sendiri.

Untuk Error yang disebabkan Software, biasanya terletak pada konfigurasi sistem operasi Windows dan Driver. Sementara masalah pada Hardware biasanya terjadi karena adanya kotoran dan debu pada keyboard atau keyboardnya saja yang memang sudah rusak.

Cara Memperbaiki Spasi, Backspace, dan Enter Tidak Berfungsi

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengatasi tombol spasi, backspace, dan enter yang tidak berfungsi pada Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, atau Windows 10. Silahkan dicoba pada keyboard kalian yang bermasalah.

1. Mematikan Sticky Keys dan Filter Keys

Menonaktifkan Sticky Keys dan Filter Keys
Menonaktifkan Sticky Keys dan Filter Keys
Hal pertama yang bisa kalian coba adalah memeriksa Pengaturan (Konfigurasi) pada Sticky Keys dan Filter Keys. Karena konfigurasi yang salah pada Sticky Keys atau Filter Keys bisa menjadi penyebab masalah ini.Yang paling aman dan efektif adalah dengan menonaktifkan kedua fitur ini.
Cara untuk mematikan fitur Sticky Keys dan Filter Keys.
  • Buka Settings pada Windows
  • Kemudian masuk ke kategori Ease of Access
  • Selanjutnya pada menu tab kiri laya, pilih yang Keyboard
  • Lihat pada Use Sticky Keys dan Use Filter Keys. Ubahlah Switch On menjadi Off.
  • Selesai.

Menggunakan Fitur Keyboard Troubleshooter

Keyboard Troubleshooter Windows 10
Keyboard Troubleshooter Windows 10
Apabila metode sebelumnya belum berhasil mengatasi tombol keyboard kalian yang bermasalah. Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Keyboard Troubleshooter pada Windows. Seperti namanya, Keyboard Troubleshooter merupakan Fitur bawaan Windows yang menjadi alat (tool) pemecah masalah untuk Keyboard.
Cara menggunakan Keyboard Troubleshooter
  • Buka Settings.
  • Pilih Update & Security.
  • Pada tab menu sebelah kiri layar, pilih Troubleshoot.
  • Kemudian akan muncul Opsi Additional troubleshooters.
  • Selanjutnya pada menu Additional Troubleshooters, pilih Keyboard.
  • Akan muncul tombol Run the troubleshooter, klik tombol tersebut untuk memulai troubleshoot.
  • Akan muncul jendela baru, disinilah proses pemecahan masalah pada keyboard. Jika ada Error pada pengaturan keyboard kalian, masalah tersebut akan langsung muncul. Biarkan sistem memperbaiki masalah yang terjadi
  • Setelah proses selesai tekan Close.
  • Selesai.

Uninstall atau Update Driver Keyboard

Uninstall atau Update Driver Keyboard
Uninstall atau Update Driver Keyboard
Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mencopot atau memperbaharui driver jika masalah spasi, backspace, dan enter muncul setelah update driver keyboard. Cobalah untuk menguninstal pembaruannya. Apabila kalian belum pernah mengupdatenya cobalah untuk memperbaharuinya.
Cara Update atau Uninstall Driver Keyboard
  • Buka Control Panel.
  • Pilih kategori Hardware and Sound.
  • Kemudian klik Device Manager (bawah menu Devices and Printers).
  • Selanjutnya akan terbuka jendela baru Device Manager.
  • Pilih Keyboard yang akan kalian Update atau Uninstall Drivernya.
  • Setelah itu Restart PC atau Laptop kalian.
  • Selesai.

Periksa Fisik Keyboard

Jika ketiga metode diatas tidak ada yang berhasil mengatasi tombol spasi, backspace, dan enter yang tidak berfungsi, maka kemungkinan besar masalah ini disebabkan karena adanya kotoran atau debu di bawah tombol-tombol tersebut dan yang harus dilakukan adalah membersihkannya. Tetapi apabila sudah dibersihkan masih saja error berarti memang keyboard kalian sudah rusak dan waktunya beli yang baru.

Akhir Kata

Demikian Artikel Panduan tentang Cara Memperbaiki Tombol Spasi Backspace dan Enter yang Tidak Berfungsi yang dapat saya bagikan. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.
Animblo
Animblo Seorang Blogger Pemula yang ingin berbagi tulisan lewat Blog kecil ini. Kalian bisa menghubungi saya melalui Email: admin@animblo.com

Posting Komentar untuk "Memperbaiki Tombol Spasi Backspace dan Enter yang Tidak Berfungsi"

close