Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Hp Smartfren Andromax Cepat Panas dan Boros Baterai

Tutorial Cara Mengatasi Hp Smartfren Andromax Cepat Panas dan Boros Baterai
Tutorial Cara Mengatasi Hp Smartfren Andromax Cepat Panas dan Boros Baterai
Animblo.com - Bagi kalian para pengguna HP Smartfren Andromax pasti pernah mengalami yang namanya Cepat Panas dan Baterai Ngedrop. Banyak hal yang bisa timbul dari kedua permasalahan itu seperti kerusakan hardware, kinerja sistem yang menurun, ponsel jadi lemot, atau sebagainya. Tentunya ini menjadi kekhawatiran tersendiri untuk kalian sebagai pemilik ponsel tersebut.

Sebenarnya Panas di smartphone Android adalah hal yang wajar selama suhunya masih bisa ditolerir oleh komponen CPU didalamnya. Seluruh kinerja hardware dalam HP menggunakan arus listrik dari baterai, inilah yang menyebabkan meningkatnya tinggi suhu seiring ponsel dioperasikan sehingga terasa panas saat dipegang.

Tetapi bagi kalian yang merasa ponselnya terasa panas tidak wajar (tidak normal) padahal tidak sedang digunakan untuk bermain game, nonton video, atau menjalankan aplikasi berat lainnya, memang perlu waspada. Normalnya ponsel android dalam keadaan diam tidak digunakan, tidak akan sampai terasa panas.

Begitu pula dengan baterai HP andromax cepat habis (drop) atau boros meski baru saja dicas (charge). Tentunya ada permasalahan tersendiri yang harus dicari apa penyebabnya, apakah karena sistem bermasalah atau memang baterai yang sudah waktunya diganti.

Cara mengatasi HP Smartfren Panas dan Baterai Cepat Habis

Bagi kalian yang Hp Smartfren Andromax nya bertipe E2 R2 E2+ A R SE B L A2 Prime atau tipe lain, bisa menyimak beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi cepat panas dan baterai gampang habis dibawah ini.

1. Jangan main Hp sambil Cas Baterai

Inilah kesalahan yang sering dilakukan yaitu bermain hp pada saat proses pengisian baterai, entah itu bermain game, nonton video ataupun menjalankan aplikasi berat lainnya. Akibatnya baterai akan cepat melembung dan akhirnya rusak.

Bermain hp ketika ada arus masuk dan keluar dari proses pengisian daya ponsel akan membuat kinerja komponen semakin tinggi dan jika terus menerus dilakukan, akan bisa merusak komponen didalamnya. Usahakan isi baterai HP sampai penuh (full) dan jangan gunakan ponsel saat dicas kecuali keadaan penting, seperti membalas chat masuk, atau hal darurat lainnya.

2. Aplikasi yang Berjalan di Background

Sering membuka aplikasi lalu berganti ke aplikasi lain tanpa menutup aplikasi sebelumnya dengan sempurna, dapat mempengaruhi beban kinerja RAM dan juga prosesor HP android.

Inilah salah satu alasan kenapa ponsel tiba-tiba lemot dan panas padahal sebelumnya lancar digunakan. Untuk mengatasinya silahkan tutup semua aplikasi yang sudah tidak dipakai. Kalian bisa menutup aplikasi yang berjalan sebelumnya dengan menggunakan fitur recent task.

3. Sinyal HP dan Jaringan data

Tangkapan sinyal yang lemah atau putus nyambung menyebabkan kinerja komponen penangkap sinyal di ponsel bekerja secara ekstra. Akibatnya hardware akan cepat panas dan penggunaan baterai pun jadi boros. Jadi pastikan dulu tangkapan sinyal bagus sehingga saat ponsel digunakan tidak cepat membuat baterai drop atau suhu ponsel tinggi.

4. Aplikasi tidak terpakai

Terlalu banyak aplikasi tidak terpakai atau jarang digunakan juga berpotensi menyebabkan HP jadi terasa lelet dan cepat panas. Contoh aplikasi yang tidak terpakai namun masih berjalan di latar belakang (background) biasanya adalah aplikasi sosmed seperti WhatsApp, Line, Instagram, Facebook dan sebagainya.

Saran dari saya sebaiknya uninstall saja aplikasi yang tidak terpakai atau jarang digunakan, kalian bisa menginstal atau memasangnya lagi ketika dibutuhkan.

5. Jangan Tempatkan HP di area Panas

Jangan terbiasa menempatkan ponsel android di area yang terpapar langsung dengan sinar matahari atau komponen elektronika lain yang bisa menyebarkan panas. Paparan panas pada body ponsel bisa menyebabkan suhu komponen didalam HP ikut meningkat, suhu baterai pun juga jadi tinggi, sehingga smartphone bisa saja rusak sebelum waktunya.

6. Mematikan GPS Ponsel dan Sejenisnya

Fitur GPS memang sering menyebabkan baterai HP jadi boros dan ponsel cepat panas. Begitu juga Bluetooth dan Hotspot Portable yang aktif saat sedang tidak digunakan. Jadi pastikan fitur-fitur tersebut mati jika tidak dipakai.

7. Hindari Multitasking pada Ponsel

Multitasking adalah proses menjalankan beberapa aplikasi di HP android secara bersamaan tanpa menutup aplikasi lainnya. Karena dengan menjalankan beberapa aplikasi secara berbarengan akan membutuhkan kinerja prosesor yang lebih tinggi dan kapasitas RAM yang dipakai juga banyak.

Pastikan untuk menutup aplikasi sebelum kalian membuka aplikasi lainnya agar terhindar dari penggunaan resource CPU yang berlebihan.

Akhir Kata

Itulah beberapa solusi dan penyebab HP Smartfren Andromax cepat panas dan baterai cepat drop. Apabila kalian sudah menerapkan metode-metode diatas, tetapi ponsel kalian tetap panas dan boros baterai, kemungkinan besar ada masalah pada hardware ponsel kalian. Lebih baik segera dibawa ke tukang service sebelum terlambat. Sekian dari saya, dan Terima kasih sudah berkunjung.
Animblo
Animblo Seorang Blogger Pemula yang ingin berbagi tulisan lewat Blog kecil ini. Kalian bisa menghubungi saya melalui Email: admin@animblo.com

Posting Komentar untuk "Mengatasi Hp Smartfren Andromax Cepat Panas dan Boros Baterai"