Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Lengkap tentang Webinar Prakerja

Apa itu maksud dari Webinar Prakerja?
Apa maksud dari Webinar Prakerja?
Webinar Program Kartu Prakerja - Sampai sekarang ini Program bantuan pembiayaan pelatihan prakerja sudah berjalan sampai 5 gelombang pendaftaran yang telah dibuka. Tetapi perlu diketahui ada beberapa perubahan penting yang telah direvisi dan dibenahi oleh pemerintah lewat gelombang sebelumnya yakni 1, 2 dan 3 agar lebih baik.

Mulai dari pendaftaran yang sudah tak menggunakan sistem verifikasi data dengan swa foto (foto selfie) diganti dengan hanya memasukkan Nomor KTP saja. Hingga perubahan dan penyesuaian sistem pelatihan yang merujuk pada pemenko nomor 11 tahun 2020 yang disebutkan jika setiap lembaga pelatihan di prakerja wajib menyediakan ruang interaksi proses pembelajaran dalam bentuk Webinar. Baca JugaPenjelasan Lengkap Apa itu Referral Code Pintaria

Hal ini pula yang yang menjadi alasan tertundanya pembelian beberapa pelatihan di prakerja karena sistem prakerja yang tengah menilai administrasi kelayakan masing-masing lembaga pelatihan. Mungkin diantara ada yang bertanya-tanya Apa itu Webinar?, bagi kalian yang ingin mengetahuinya lebih lanjut silahkan baca penjelasan dibawah ini hingga selesai.

Pengertian Webinar

Webinar (Web Seminar) merupakan istilah umum dalam dunia pelatihan dimana semua kegiatan seminar dilakukan secara daring (online) dengan menggunakan Platform ketiga yang dalam hal ini adalah situs web atau aplikasi berbasis internet. Situs web atau aplikasi tersebut misalnya cisco webex, zoom, google meet dan sebagainya.

Tujuan webinar ini sendiri ialah agar pembicara atau pengisi materi dapat membagikan informasi langsung lewat internet dan menyediakan tempat sesi tanya jawab atau interaksi dengan basis online. Jadi apabila dikaitkan dengan program kartu prakerja, Webinar Prakerja adalah sistem dimana setiap lembaga pelatihan yang telah terdaftar sebagai mitra harus menyediakan ruang interaksi dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan peserta.

Artinya dalam hal ini pihak lembaga pelatihan harus menyediakan beberapa platform tambahan lainnya seperti Group atau Saluran telegram dan juga platform lainnya untuk bertatap muka seperti Zoom, Google Meet dan lain-lain. Tujuannya agar selain materi dan exam (tes) yang bisa didapatkan, peserta juga bisa berinteraksi langsung dengan pembicara atau peserta lain secara online tanpa harus bertemu langsung. Baca JugaKenapa Nomor Kartu Prakerja Dalam Proses?

Tentunya harap sistem pelatihan seperti ini dapat meningkatkan kualitas para peserta, selain manfaat seperti sertifikat dan dana insentif peserta juga mampu menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari baik lewat usaha mandiri atau jadi buruh pekerja.

Pelatihan Yang Tidak Menggunakan Webinar

Jika ditanya tentang adakah pelatihan yang tidak menggunakan Webinar, maka jawabannya adalah tidak ada. Karena ini merupakan aturan langsung dari Pemerintah dimana lembaga pelatihan harus menyediakan ruang interaksi dalam bentuk webinar, jadi dipastikan semua lembaga pelatihan yang kini sudah dibeli oleh penyelenggara program pra kerja memiliki sistem pembelajaran berbasis webinar.

Karena sebelum lembaga pelatihan dibuka untuk para peserta prakerja, sudah terjadi proses penyesuaian administrasi (permenko nomor 11 tahun 2020), maka lembaga yang memenuhi kriteria nantinya akan dibuka askesnya untuk program pelatihan prakerja. Dan untuk yang tidak memenuhi kriteria kemungkinan besar akan dibekukan terlebih dahulu hingga akan adanya penyesuaian dari lembaga tersebut. Baca JugaPenjelasan Kenapa Api Key Token Tidak Valid Kartu Prakerja

Meskipun tujuan sistem Webinar ini baik, tentu ada pro dan kontra tersendiri yang banyak dipermasalahkan oleh peserta program prakerja khususnya pada gelombang 4 dan seterusnya. Dimana selain sulitnya membeli pelatihan, mereka juga harus mengantri untuk mendapat jadwal webinar tersebut.

Terkadang kendala lainnya seperti perangkat yang mereka gunakan, seperti hp android yang tidak memungkinkan untuk dipakai mengikuti pelatihan lewat webinar. Seharusnya ini harus menjadi perhatian pemerintah sebelum meluncurkan sistem semacam ini.

Dimana setelah diperhatikan sebagian besar dari peserta prakerja adalah masyarakat yang kurang mampu, belum lagi untuk beli kuota internet yang tentunya butuh jumlah besar jika ingin mengikuti webinar. Jadi yang dipermasalahkan disini adalah akses dan tidak adanya informasi jelas mengenai bagaimana cara menyelesaikan pelatihan dengan sistem baru ini.

Akibatnya banyak peserta yang kebingungan padahal mereka juga berharap untuk dapat menyelesaikan Pelatihan dengan cepat dan mendapatkan Insentif sesegera karena memang membutuhkan. Baca JugaMengatasi Masalah Kursus Tidak Ditemukan Kartu Prakerja

Akhir Kata

Demikian adalah artikel mengenai Penjelasan Lengkap tentang Webinar pada Program Kartu Prakerja. Harapan saya pemerintah kedepannya dapat mengkaji ulang sistem webinar seperti ini, dilihar dari banyak kendala yang dialami oleh peseta prakerja. Sekian informasi dari saya, Terima kasih sudah berkunjung.
Animblo
Animblo Seorang Blogger Pemula yang ingin berbagi tulisan lewat Blog kecil ini. Kalian bisa menghubungi saya melalui Email: admin@animblo.com

Posting Komentar untuk "Penjelasan Lengkap tentang Webinar Prakerja"

close