Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Force Close Genshin Impact Android

Mengatasi Genshin Impact Android yang Force Close

Kenapa Genshin Impact Android Macet ?- Masalah Force Close pada Aplikasi atau Game Android memang sering dialami oleh pengguna smartphone android, terutama pada smartphone dengan spesifikasi kelas bawah. Aplikasi atau Game yang tertutup tiba-tiba memang membuat para pengguna merasa kesal dan galau.

Nah, salah satunya adalah ketika sedang memainkan Genshin Impact di Hp Android, banyak player yang mengalami masalah yaitu saat adegan cutscene atau battle tiba-tiba game keluar sendiri, menyedihkan bukan?. Setiap perangkat android memiliki pesan error yang berbeda-beda, seperti muncul tulisan Sayangnya aplikasi telah berhenti, Unfortunately app has stopped, Unfortunately force close not enough memory, Not responding, atau bahkan tanpa pesan error sekalipun. Baca JugaCara Cepat Reroll Akun Genshin Impact Android, iOS, dan PC

Tentunya, kalian sudah tahu dong tentang spesifikasi Hp android yang bisa digunakan untuk main Genshin Impact dengan lancar sebelum menginstallnya?. Karena, jika device yang kalian pakai termasuk low spek alias kentang tentu saja akan mengakibatkan force close saat memainkan game ini. Buat kalian yang belum tahu, berikut adalah spek smartphone android yang bisa digunakan untuk main Genshin Impact.

Spesifikasi Hp Android untuk Genshin Impact

Untuk dapat memainkan game Open World buatan MiHoYo ini, kalian butuh device dengan Spesifikasi (System Requirements) seperti dibawah ini.
Perangkat Rekomendasi
  • CPU: Qualcomm Snapdragon 845, Kirin 810 atau lebih tinggi
  • Memori: RAM 4GB atau lebih
  • Sistem operasi yang disarankan: Android 8.1 ke atas
Perangkat Minimum
  • Syarat kompabilitas: Perangkat ARM v8a 64-bit
  • Memori: RAM 3GB atau lebih
  • Sistem operasi yang didukung: Disarankan Android 7.0 ke atas
  • Ruang diperlukan: 8 GB
Nah, apabila kalian merasa spek hp android yang kalian pakai sudah mumpuni namun masih mengalami masalah Genshin Impact keluar sendiri, mungkin inilah penyebabnya.

Penyebab Genshin Impact Keluar Sendiri

Silahkan simak beberapa penyebab kenapa game Genshin Impact force close secara tiba–tiba.
  • RAM Android Penuh. Kapasitas RAM yang kecil pastinya bisa menjadi penyebab game error, macet, dan juga force close. Biasanya karena banyaknya aplikasi yang sedang berjalan di background akhirnya membuat RAM tidak mampu menampung semua aplikasi yang ada.
  • Tumpukan File Cache Berlebihan. File cache atau file sampah yang menumpuk terlalu banyak dapat membuat penyimpanan internal kelebihan kapasitas. Hal tersebut berdampak pada semua aplikasi android, terutama pada aplikasi yang sering dibuka dan digunakan. 

Mengatasi Force Close Pada Genshin Impact Android

Setelah kalian tahu beberapa penyebab diatas, sekarang kita menuju ke cara untuk mengatasinya. Selengkapnya adalah sebagai berikut mengenai tutorial megatasi Genshin Impact Android tidak bisa dimainkan. Baca JugaCara Mengatasi Perangkat Anda Tidak Kompatibel Genshin Impact Android

1. Muat Ulang Smartphone
Terkadang hal sederhana seperti mencoba restart smartphone android dapat membantu menyelesaikan permasalahan force close game. Jadi kalian tidak perlu terburu-buru untuk memakai cara-cara ekstrim, karena bisa jadi masalahnya cuma pada memori RAM yang penuh yang akhirnya membuat Genshin Impact force close.

2. Bersihkan File Sampah
Metode berikutnya yang bisa kalian coba yaitu membersihkan file cache atau file sampah yang menumpuk di hp kalian. File sampah yang berlebihan dapat membuat kinerja smartphone melambat. Dan pastinya akan berpengaruh pada aplikasi atau game yang dijalankan.

File cache sebenarnya memiliki efek positif, tapi disisi lain apaila file cache terlalu banyak menumpuk bisa menyebabkan aplikasi atau game jadi error seperti force close secara tiba-tiba. Dan untuk menghapus file cache Genshin Impact android adalah dengan Buka Pengaturan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > Cari Genshin Impact » Kemudian pilih Hapus Cache.

3. Hentikan dan Hapus Data Aplikasi
Metode ketiga yang bisa kalian lakukan adalah dengan menghentikan serta menghapus data game Genshin Impact. Menghapus data game akan membersihkan file atau data yang bersifat sementara pada game ini. Untuk menghapus data Genshin Impact kalian cukup membuka menu Pengaturan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi  > Cari Genshin Impact » Kemudian pilih Paksa Berhenti dan kemudian Hapus Data.

4. Hapus Aplikasi Android
Selanjutnya hal yang bisa kalian lakukan yaitu menghapus atau uninstall game Genshin Impact dari hp kalian, dan setelahnya kalian bisa mendownload dan menginstalnya kembali. Kenapa hal ini perlu dilakukan?, untuk beberapa kasus data game yang corrupt juga bisa menyebabkan masalah force close ini, jadi tidak ada salahnya mencoba. Jangan lupa pada saat mendownload ulang game gunakan koneksi wifi, karena ukuran game ini cukup besar, yaitu hampir 6 GB.

5. Beli Smartphone Baru
Langkah terakhir adalah dengan membeli Device Baru dengan spesifikasi lebih tinggi dan tentunya masuk kategori yang bisa untuk memainkan Genshin Impact. Karena saya lihat banyak sekali yang memaksakan bermain game ini di device low spek seperti Hp dengan Chipset Snapdragon 625, Mediatek kelas bawah, RAM 2 GB, dll.

Tentunya jika hp yang kalian gunakan tidak memenuhi syarat (karena kentang) untuk bisa bermain Genshin Impact akan menyebabkan masalah seperti lag, patah-patah, crash, tampilan jadi jelek tidak optimal, atau game menutup sendiri karena tidak kuat untuk memainkannya.

Akhir kata

Demikian adalah artikel mengenai Cara Mengatasi Force Close Genshin Impact Android Lengkap. Solusi yang saya berikan mungkin memang tidak bisa dikatakan berhasil 100%, namun setidaknya cobalah terlebih dulu dan lihat hasilnya nanti. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian. Terima kasih, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.
Animblo
Animblo Seorang Blogger Pemula yang ingin berbagi tulisan lewat Blog kecil ini. Kalian bisa menghubungi saya melalui Email: admin@animblo.com

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Force Close Genshin Impact Android"