Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset Printer Epson L110, L210, L300, L350 dan L355 + Link Download Resetter

Cara Mudah Reset Printer Epson
Cara Mudah Reset Printer Epson
Cara Mudah Reset Printer Epson L110, L210, L300, L350, L355 - Sekarang ini untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi pada Printer Epson, bukanlah hal yang sulit dilakukan. Karena, sudah banyak sekali panduan atau tutorial yang membahas tentang hal tersebut secara lengkap, sehingga kita dapat mencobanya sendiri tanpa perlu membawa printer yang bermasalah atau error ke tukang service.

Untuk jenis printer Epson yang sering digunakan seperti L110, L210, L300, L350, L355, ketika sedang mengalami masalah biasanya akan ditandai dengan lampu indikator tinta / kertas yang berkedip bergantian atau kadang bersamaan secara berulang. Saya sendiri pernah mengalami hal ini pada printer Epson L110 milik saya, lampu indikator berubah menjadi berwarna orange berkedip terus menerus seperti pada foto dibawah ini.
Lampu Indikator Tinta dan Kertas Berkedip Terus Printer Epson l110 l210 l300 l350 l355
Lampu Indikator Tinta dan Kertas Berkedip Terus Printer Epson l110 l210 l300 l350 l355

Penyebab Indikator Printer Epson Berkedip atau Blinking terus

Jenis blinking yang muncul tentunya berbeda-beda sesuai jenis error yang terjadi. Error printer blinking atau berkedip terus ini ada yang dapat diatasi dengan cara meresetnya, dan ada juga yang tidak bisa. Untuk yang tidak bisa diatasi dengan reset biasanya karena terdapat error pada mekanik printer.

Karena jenis blinking pada printer epson itu banyak, maka sebelum membahas Cara Mereset Printer Epson berbagai merk dan tipe, saya akan jelaskan terlebih dahulu mengenai jenis blinking dan apa yang menjadi penyebabnya.
  • Lampu Berkedip karena ink waste is full, ink pad is at the end of its service live. Indikator yang muncul pada kasus seperti ini biasanya ditandai dengan berkedipnya lampu indikator pada tinta dan kertas yang bergantian ketika printer mulai dinyalakan. Blinking inilah yang akan saya bahas pada artikel kali ini mengenai cara mengatasinya dengan Resetter Epson Adjustment Program.
  • Lampu Berkedip karena tinta terdeteksi habis / Ink Run Out. Error ini biasanya di tunjukan dengan munculnya lampu indikator pada tinta yang menyala diam dan printer tidak bisa digunakan untuk print.
  • Lampu Berkedip karena ada kerusakan mekanik. Kerusakan yang dapat menyebabkan printer jadi blinking seperti kerusakan pada bagian penarik kertas, sensor error dan sebagainya.

Mengatasi Printer Epson Berkedip Dengan Resetter

Untuk mengatasi blinking karena ink waste is full dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah tool aplikasi atau software disebut dengan Resetter. Ink waste Is Full sendiri merupakan salah satu indikasi atau tanda dimana harus dilakukan reset pada printer dengan bantuan program resetter tersebut.
It is time to reset the ink levels Printer Epson
It is time to reset the ink levels Printer Epson
It is time to reset the ink levels Printer Epson
It is time to reset the ink levels Printer Epson
Nah, apabila kalian mengalami kejadian dimana saat melakukan print di Printer Epson, kemudian muncul kotak dialog di kanan bawah layar yang tulisannya Ink waste Is Full, atau Ink Pad Is At the End Of Its Service Live, jangan langsung panik, karena printer kalian tidaklah rusak dan dalam keadaan baik-baik saja.

Pada dasarnya kotak dialog ini merupakan tanda peringatan bahwa printer mendeteksi jika tempat penampungan pembuangan pada printer sudah penuh dan harus menggantinya dengan yang baru. Namun, bukan berarti tempat pembuangan fisik yang penuh, melainkan printer hanya menghitung  berapa besar aktivitas pencetakan yang pernah dilakukan dan sudah berapa besar tinta yang telah dibuang atau dicleaning oleh printer.

Selain itu, biasanya pada layar monitor Komputer atau Laptop juga akan muncul notifikasi error lain sebagai tanda peringatan bahwa printer sedang bermasalah. Pesan yang ditampilkan misalnya seperti "Ink pad is at the end of its service live", "Ink waste is full", "Service required", "it is nearly time to reset the ink levels", "it is time to reset the ink levels", dan lain-lain.

Download Resetter Epson Adjustment Program Versi Terbaru

Bagi kalian yang belum memiliki software atau apilikasi Resetter Adjustment Program (Adjprog.exe), saya sudah menyediakan link downloadnya dibawah. Reseter ini bisa digunakan untuk printer dengan seri L seperti L110 L210 L300 L350 L355.
  • Nama File: Resetter-Epson-L110-L210-L300-L350-L355_animblo.com.rar
  • Tipe File: ZIP RAR
  • Ukuran File: 795 KB
  • Link Download: Google Drive | Mediafire
Nah, setelah kalian download Program Resetter Printer Epson melalui link diatas, sekarang kita akan menuju langkah-langkah reset otomatis Epson L110 L210 L300 L350 L355.

Cara Mudah Reset Printer Epson Secara Otomatis

Berikut adalah tutorial panduan menggunakan aplikasi Resetter Printer Epson tipe L110 L210 L300 L350 L355.
  1. Ekstrak file bernama Resetter-Epson-L110-L210-L300-L350-L355_animblo.com.rar yang telah kalian download tadi menggunakan Winrar. Akan muncul folder yang isinya seperti pada screenshot dibawah.
    Resetter Printer Epson Terbaru
  2. Kemudian, jalankan file bernama ResetterApp.exe, dan seperti inilah tampilan aplikasi tersebut. Kemudian tekan tombol Select untuk memilih Model dan Port Printer yang akan direset.
    Tampilan Resetter EPSON Adjustment Program
    Tampilan Resetter EPSON Adjustment Program
  3. Pilih sesuai dengan printer yang ingin direset dan yang terhubung ke Komputer atau Laptop. Sebagai contohnya, disini saya menggunakan printer seri L110.
    Memilih Seri atau Model serta Port Printer
    Memilih Seri atau Model serta Port Printer
  4. Selanjutnya, untuk memulai proses reset, tekan tombol Particular adjustment mode.
    Particular adjustment mode
    Particular adjustment mode
  5. Kemudian akan muncul jendela aplikasi baru, pilih Waste ink pad counter dan tekan tombol OK.
    Waste ink pad counter
    Waste ink pad counter
  6. Setelah muncul tampilan seperti dibawah ini, centang pada Main pad counter, kemudian tekan ombol Check. Proses ini bertujuan untuk melihat jumlah counter kertas pada printer, sudah berapa kali printer melakukan pencetakan.
    Check & Initialization Main pad counter
  7. Selanjutnya, tekan tombol Initialization dan tunggu proses reset beberapa saat, setelah muncul pesan Please turn off the printer, maka tekan tombol Power pada printer untuk mematikannya.
    Check & Initialization Main pad counter
  8. Jika proses reset sukses akan muncul kotak dialog tuliasannya The waste ink pad counter has been initialized properly. Turn on printer and click the [Check] button to check the waste ink pad counter value. Seperti perintahnya, silahkan tekan lagi tombol Power pada printer untuk menghidupkannya.
    Reset Printer Epson Berhasil
  9. Reset Printer Epson selesai. Notifikasi error sudah hilang dan Lampu indikator printer berhenti berkedip. Jika belum yakin, untuk memastikannya lagi, silahkan coba gunakan printer untuk mencetak.

Akhir Kata

Demikian artikel kali ini yang berjudul Cara Reset Printer Epson L110, L210, L300, L350 dan L355 + Link Download Resetter. Semoga dapat menambah wawasan kalian serta membantu kalian dalam melakukan reset printer epson secara otomatis sehingga dapat digunakan kembali seperti sedia kala. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini.

Animblo
Animblo Seorang Blogger Pemula yang ingin berbagi tulisan lewat Blog kecil ini. Kalian bisa menghubungi saya melalui Email: admin@animblo.com

Posting Komentar untuk "Cara Reset Printer Epson L110, L210, L300, L350 dan L355 + Link Download Resetter"